"Benarkah, Tanaman Ini Penyebab Leukimia (Kanker Darah) ?"


TANAMAN DOLLAR
Nama latin tanaman  yang dikenal dengan tanaman dollar ini adalah Zamioculcas zamifolia. Berasal dari benua Afrika, di negara Kenya, Tanzania, dan Zanzibar. Tanaman ini termasuk tanaman yang tidak membutuhkan banyak air. Di habitat aslinya, Zamioculcas hidup di padang rumput kering dengan tanah berbatu. Sifat aslinya ini membuat tanaman ini tidak merepotkan dalam perawatannya.
Yang menarik dari Zamioculcas zamifolia atau pohon dollar ini adalah daunnya yang mempunyai ciri khas yaitu daun tumbuh sejajar di sepanjang batangnya dengan jarak yang agak jauh dari satu daun ke daun lainnya. Ini salah satu alasan mengapa disebut dengan pohon dollar. Daun berbentuk simetris, tebal karena mengandung banyak air, daun berwarna hijau tua mengkilap. Jumlah daun yang tumbuh tidak banyak. Daya tarik lain adalah pangkal batang yang dapat membesar sehingga membentuk bonggol yang unik.
Tanaman ini merupakan salah satu tanaman indoor, pohon dollar ini dapat hidup di dalam ruangan yang minim sinar matahari. Untuk menghiasi ruangan, Anda bisa menempatkan tanaman ini dalam ruangan selama 2-3 hari. Setelah berada di dalam ruangan selama periode tersebut, siram dengan sedikit air dan biarkan terkena matahari selama 3 jam. Selanjutnya tanaman bisa diletakkan di dalam ruangan kembali.
LEUKIMIA (KANKER DARAH)
Leukemia; dalam bahasa Yunani leukos λευκός, "putih"; aima αίμα, "darah"), atau lebih dikenal sebagai kanker darah merupakan penyakit dalam klasifikasikanker (istilah medis: neoplasma) pada darah atau sumsum tulang yang ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid, umumnya terjadi pada leukosit (sel darah putih) [1]. Sel-sel normal di dalam sumsum tulang digantikan oleh sel tak normal atau abnormal. Sel abnormal ini keluar dari sumsum dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Sel leukemia memengaruhi hematopoiesis atau proses pembentukan sel darah normal dan imunitas tubuh penderita.
Kata leukemia berarti darah putih, karena pada penderita ditemukan banyak sel darah putih sebelum diberi terapi. Sel darah putih yang tampak banyak merupakan sel yang muda, misalnya promielosit. Jumlah yang semakin meninggi ini dapat mengganggu fungsi normal dari sel lainnya.
Pertanyaannya sekarang benarkah tanaman Dollar penyebab kanker darah atau leukimia ?
Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Deden Mudiana mengatakan tanaman ini termasuk termasuk ke dalam kelompok suku Araceae (talas-talasan) dengan nama latin Zamioculcas zamiifolia (Lodd.) Engl. Umumnya keluarga talas-talasan biasanya memiliki kandungan senyawa oksalat pada bagian tubuh tanaman. Senyawa oksalat bukanlah senyawa karsinogenik yang menjadi penyebab kanker.


"Kandungan senyawa ini (oksalat) yang menyebabkan gatal pada bagian tubuh manusia terutama bagi orang yang memiliki kulit yang sensitif," kata Deden kepada detikcom.



Lulusan pascasarjana Konservasi Biodiversitas Tropika IPB ini mengatakan Zamioculcas zamiifolia memiliki daya tarik dari bentuk perawakan dan tampilan daunnya yang mengkilap sehingga banyak orang yang menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias. 



"Pemeliharaannya relatif mudah dan dapat diperbanyak dengan memisahkan rumpun tunasnya, menggunakan setek rumpun daunnya, setek batang ataupun bijinya jika menghasilkan buah pada perbungaannya," ucapnya.



Selain di Indonesia, kabar ini juga heboh di negara tetangga dan isunya sudah ada sejak Desember 2015 lalu. Bahkan karena hebohnya media The Malaysian Insider ikut membahas pesan berantai tanpa kejelasan sumber ini. Artikel soal pohon dolar dimuat 21 Desember 2015 lalu. Mereka menulis pendapat Dekan Fakultas Pertanian Universitas Putra Malaysia (UPM) Prof Ghizan Saleh yang mengatakan tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan adanya hubungan antara tanaman dan kanker.



Tanaman jenis ini menurut Ghizan Saleh tidak pernah terbukti menyebabkan kanker atau leukimia, meskipun memang ada bagian yang beracun bila ditelan. Racun ini bisa menyebabkan iritasi dan gatal-gatal.



"Perlu penelitian lebih ilmiah tentang efek yang sebenarnya dari tanaman ini, tetapi untuk sekarang saya bisa mengatakan bahwa tidak ada bukti bahwa hal itu dapat menyebabkan kanker atau leukemia," ucap Ghizan.



Selain itu, di artikel ini juga ditulis pernyataan dari Universitas Sains Malaysia (UMS) soal adanya dua peneliti mereka yang dikabarkan meninggal terkena kanker karena meneliti pohon dolar. Pihak UMS membantah hal tersebut dan meminta para pengguna media sosial untuk berhenti menyebarkan berita yang tidak terverifikasi oleh mereka.

KESIMPULAN :


Kabar tentang tanaman dolar penyebab leukimia adalah hoax atau tidak benar.

Sumber :
http://news.detik.com/berita/3148887/isu-tanaman-dolar-penyebab-leukimia
http://kumpulan.info/rumah/tips-rumah/352-pohon-dollar-hijau-mengkilap.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Surat Undangan Rapat Orangtua Murid

Contoh Surat Edaran kepada orang tua siswa

CONTOH SURAT REKOMENDASI PENERIMAAN SISWA PINDAHAN